Latest News
Paket Minyak Cinta 468x60

Nasi Pecel Kembang Turi

Nasi Pecel Kembang Turi. Sepengetahuan saya nasi pecel pada awalnya adalah makanan khas daerah tertentu, seperti kota Tulungagung, Blitar, Malang dan Madiun. Sesuai dengan perkembangan jaman, nasi pecel sekarang bisa dijumpai dimana-mana, di seluruh Indonesia maupun mancanegara.

Nasi Pecel Kembang turi , sumber gambar :food.detik.com/


Untuk membuat nasi pecel dibutuhkan sambel pecel. Level kepedasannya pun bermacam-macam. Ada yang sedang, pedas dan sangat pedas. Dengan kata lain, penjual nasi pecel akan menyediakan ketiga jenis sambal tersebut.

Untuk bisa menyantap nasi pecel, tidak harus ke warung atau restorant yang menjual nasi pecel. Anda bisa membuatnya sendiri. Apabila kesulitan membuat sambal pecelnya, Anda bisa membeli sambal pecel yang sudah jadi. Saat ini sambal pecel sudah bisa didapatkan di toko-toko swalayan. Bahkan minimarket-minmarket tertentu juga menjualnya.  

Bila sambel pecel sudah tersedia, maka giliran sayurnya yang disiapkan. Bisa campuran dari rebusan kacang panjang, toge dan kembang turi atau bunga turi. Agar bunga turi tidak ada rasa pahitnya, hilang dahulu putik bunganya sebelum direbus. 

Cara merebus kembang turi berbeda dengan toge atau kacang panjang. Caranya,  rebus air secukupnya. Setelah mendidih, masukkan kembang turi. Kemudian matikan api. Setelah kurang lebih lima menit tiriskan. Hal ini perlu dilakukan agar kembang turi tidak hancur. Untuk diperkotaan memang agak sulit mendapatkan kembang turi, karena jarang atau tidak ada warga yang menanam pohon turi.

Pohon turi banyak ditanam di pedesaan. Biasanya sengaja ditanam dipinggir-pinggir sawah. Pohon berbunga tidak mengenal musim. Sehingga selalu saja ada. Di desa Beji di kota Tulungagung ada penjual nasi pecel yang sayurnya adalah kembang turi. Sesekali diganti dengan daun kenikir.

Bagaimana dengan lauknya? Lauknya bisa dengan tempe goreng dan empal goreng, tahu bacem dan ayam goreng, rempeyek kacang atau rempek ikan teri dan telur mata sapi. Bisa juga dengan udang goreng tempe bacem. Atau Anda bisa mengkombinasikan sendiri denga lauk-pauk yang telah saya sebutkan.

Cara penyajiannya. Ambil sambel pecel secukupnya, kemudian dituangi dengan air panas secukupnya pula. Kemudian hancurkan atau aduk-aduk sampai sambal pecel menyatu dengan air. Kalau bisa, racikan sambal pecel ini jangan terlalu encer atau terlalu kental.

Siapkan piring. Beri nasi dan tempatkan ditengah.Tata rapi lauk-pauknya dipnggir piring.  Kemudian tata rapi sayurnya diatas nasi. Siram sayur dengan sambal pecel. Nasi pecel siap dihidangkan.

1 Response to " Nasi Pecel Kembang Turi"