Latest News
Paket Minyak Cinta 468x60

Presiden Joko Widodo Inspektur Upacara HUT RI ke 70

Upacara bendera dalam memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia ke 70 telah dilaksakan di Istana Negara pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2015. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden Joko Wiododo. Ini untuk yang pertama Jokowi memimpin upcara sejak dia dilantik sebagai Presiden RI ke 7 pada tanggal 20 Oktober 2014.

Dalam momen penting seperti ini biasanya mantan Presiden dan keluarga, mantan Wakil Presiden dan keluarga diundang untuk menghadiri.

 Mantan Presiden Soekarno, mantan Presiden Soeharto dan mantan Presiden Abdulrahman Wahid, telah mendahului kita dipanggil oleh Sang Khalik. Sedangkan mantan Presiden yang masih hidup adalah mantan Presiden BJ Habibie, mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri. Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri kali hadir. Ini untuk yang pertama dalam sepuluh tahun terakhir. Ketika Presiden Indonesia dijabat oleh Susilo Bambang Yudoyono dua periode, yaitu tahun 2004 – 2009 dan 2009 – 2014, anak kedua mantan Presiden pertama ini tidak pernah mengahadiri upacara memperingati detik-detik proklamsi kemerdekaan yang banyak ditebus dengan harta, jiwa dan raga. 


Sudah bukan menjadi rahasia bahwa antara mantan Presiden SBY dan mantan Presiden Megawati Soekarno Putri berbeda dalam pandangan dan sikap politik, sehingga dalam momen-momen tertentu tertentu terutama kenegaraan mereka saling menghindar, agar tidak bertemu. Itulah yang rakyat dan saya saksikan. Merupakan bagian dari Negara, bangsa dan rakyat Indonesia, saya secara pribadi , mengharapkan semua mantan Presiden bisa menghadiri upacara yang sangat sakral dan mengharukan ini. Apalagi ditambah dengan jamuan makan bersama diantara mereka usai dilaksanakan upacara.

Namun apa mau dikata, harapan tinggal harapan, keinginan hanya sebatas impian. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.” Demikian kata bijak dari Bung Karno. Menurut saya, implementasinya bisa; menghargai jasa para pahlawan, memberi bantuan materiil dan moril kepada pejuang dan keluarganya dan menghadiri upacara peiringatan HUT RI. Mengapa saya sebut yang terakhir ini? Karena saat mengheningkan cipta Inspektur Upcara akan mengucapkan: ”Untuk mengenang arwah para yang mendahului kita, mengheningakan cipta mulai.” Saya berharap pada upacara peringatan hari kemerdekaan tahun 2016, Bpk. BJ Habibie, Ibu Megawati dan Bpk. Sby bisa hadir.

0 Response to "Presiden Joko Widodo Inspektur Upacara HUT RI ke 70"